Cara Mengganti Port Apache dan MySQL pada Xampp


Xampp merupakan web server yang free dan open source serta cross platform atau dapat berjalan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux dan OS X.
Dengan segala kemudahan yang diberikan terkadang terdapat beberapa masalah, masalah yang dimaksud ialah mengenai port, pengertian port sendiri yaitu sebagai titik koneksi atau tampilan sebuah komputer dengan internal atau eksternal device. Beberapa faktor kenapa port Apache dan MySQL pada xampp di ganti karena port tersebut berbentrokan atau port nya sudah dipakai dengan aplikasi lain, misalnya seperti skype yang port default nya 80 dan 3306.

Secara bawaan, xampp memakai port Apache yaitu 80 sedangkan untuk MySQL yaitu 3306.


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa langkah sederhana bagaimana menganti port apache dan mysql. Oke langsung saja..

Untuk port apache silahkan buka config lalu pilih apache (httpd.conf)


Lalu tekan ctrl + f atau cari listen 80 dan servername localhost 80.


   dan.


Bila sudah ketemu, ganti port listen dan servername misalnya menjadi 9000. Silahkan di save lalu stop dan start kembali, hasilnya akan nampak seperti ini.


Lakukan hal yang sama pada Mysql, klik config lalu pilih file my.ini.


Cari port pada client dan port pada mysqld seperti digambar, ubah nomor yang tadinya 3306 misal menjadi 3311.


Sampai disini anda belum sepenuhnya mengganti port mysql, satu langkah terakhir agar mysql dapat berjalan, kembali apache2 klik config lalu pilih phpMyAdmin(config.inc.php).


Cari bagian ini, $cfg['Servers'][$i]['host'] = '127.0.0.1'; tambahkan dibaris terakhir ip dengan port mysql yang diubah pada file my.ini sebelumnya yaitu 3311, dan hasil nya menjadi seperti ini $cfg['Servers'][$i]['host'] = '127.0.0.1:3311';

Silahkan stop dan start kembali, bila semua nya lancar berarti anda telah berhasil mengganti port apache dan mysql.
Demikian langkah-langkah menganti port apache dan mysql, apabila sobat mempunyai pertanyaan silahkan tambahkan komentar dikolom yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat.



Share on Google Plus

Tentang Yap Samuel

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment