Cara Mengecek MD5Sum Iso di Ubuntu



Sering kali apabila mendownload sebuah file yang berukuran besar, terdapat rasa takut, karena takut file corrupt dsb, yang dipicu oleh beberapa faktor. Nah disini lah fungsi dari MD5Sum dapat kita gunakan. 

MD5 / Message Digest Algorithm merupakan komputer program yang menghitung dan memverifikasi 128 bit md5 hash seperti yang dijelaskan dalam RFC 1321. Yang pada intinya MD5 Hash berguna sebagai digital signature applications / tanda tangan aplikasi digital yang dimana besar dari suatu file yang di kompres terjamin keamanan nya karena di enkripsi yang menghasilkan sebuah kunci privat untuk file dengan metode kriptografi RSA. Oke langsung saja tanpa berlama-lama lagi.
Format Pengecekan :
md5sum Path/location/file.iso

Pada kali ini saya akan menguji file iso yang sudah saya download apakah md5sum nya sama seperti di web official nya. perhatikan file yang berformat iso.

  
Mengecek file md5sum zorin-os-9-core-32.iso. Tunggu sebentar maka akan keluar hasil md5sum dari file tersebut.


Sekarang kita lihat apakah sama md5sum file yang didownload dengan yang di website official nya.



Demikian langkah sederhana mengecek md5sum di terminal ubuntu. Oyaa, bagi yang menggunakan windows bisa memakai aplikasi WinMD5. Apabila ada hal yang ingin di tanyakan bisa meninggalkan pesan di kolom komentar, dan apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon perbaikannya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Aaxxzzse

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment