Membuat Script Anak Ayam dengan PHP

Haloo, sudah lama tak posting hehee.. Pada kesempatan ini, saya ingin share tentang membuat program lagu anak ayam dengan PHP. Terdengar lucu memang tapi jangan disepelakan, saya sendiri dibuat pusing pertama kali ketika mendapat soal ini. dan juga banyak teman-teman mahasiswa yang berkampus IT menghadapi soal ini ketika ujian tertulis maupun praktik yang membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mengerjakan nya dengan tidak menyayikan lagu anak ayam tersebut, hahaaha...Oke tanpa berlama-lama lagi mari kita buat script nya.   

Pertama-tama buat form html nya terlebih dahulu. 

<form action="" method="POST">
<label>Masukkan Anak Ayam</label>
<input type="text" name="ayam">
<input type="submit" name="submit" value="Enter">
</form>
Selanjutnya masukkan script PHP berikut. 
<?phpif(isset($_POST['submit'])){$ayam = $_POST['ayam'];echo "<br>";echo"<br> Jumlah Anak Ayam ".$ayam;echo "<br>";do{echo "Anak ayam turun $ayam ";$ayam--;echo "Mati satu tinggalah ".$ayam."<br>";}while($ayam >= 2);echo "Anak ayam turun 1 mati satu mati semua";} ?>
Sedikit penjelasan mengenai script diatas, pertama-tama tampung dahulu inputan ayam nya di dalam variabel ayam, lalu lalukan operasi perulangan dengan Do While dimana dalam tag Do di print variabel ayam inputan terlebih dahulu, lalu dilakukan operasi decrement pada var ayam dan print kembali nilai variabel ayam tersebut. Pada While($ayam >= 2) maksudnya  yang mana variabel ayam lebih dari atau sama dengan 2 maka print statment anak ayam turun 1 mati satu mati semua. 

Demikian membuat program lagu anak ayam dengan PHP, apabila ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar dan apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon perbaikannya. Untuk script nya bisa di download Disini. Sekian dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Aaxxzzse

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment