Cara Menginstall Wordpress di Localhost



Halooo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas langkah demi langkah menginstall wordpress di localhost atau offline. Sebelum masuk ke pokok pembahasan saya coba jelaskan sedikit mengenai perbedaan dari versi wordpress yang online (dot com)  dengan offline (dot org).
Perbedaan yang saya amati hanya terdapat pada masalah "Kreatifitas", maksudnya apa...? Ya karena pengguna yang memakai wordpress offline biasanya ingin sesuatu yang "Lebih". Lebih disini maksudnya menyusun layout atau tata letak, background, warna, font, dan sebagainya sampai masalah plugin yang dimana dalam versi wordpress online hal itu dibatasi. Dan wordpress offline tidak hanya digunakan untuk ngeblog saja, tapi penggunaan nya sekarang lebih ke arah company profile sampai ecommerce. Sedangkan Wordpress online tampilan nya sedikit kaku karena wordpress online membatasi hal penambahan plugin-plugin serta template. Namun bukan berarti tidak ada, wordpress online dapat menambahkan plugin serta menggubah template yang diinginkan dalam versi premium. Okee itu sekilas mengenai fitur dari wp online dan offline, Mari ke topik utama yaitu menginstall wordpress offline di localhost. Silahkan anda download terlebih dahulu wordpress.org terbaru Disini .

Pertama, ubah / rename file wordpress yang di download untuk mengubah nama file wordpress ini optinal, boleh di ganti boleh tidak, jadi sesuaikan dengan keinganan sobat.


Rename folder wordpressnya menjadi "websaya". Lalu pindahkan folder "websaya" ke folder htdocs untuk yang memakai xampp atau apabila sobat menggunakan linux silahkan disesuaikan.


 

Selanjutnya ketikkan di browser localhost/websaya , Lalu akan muncul gambar seperti berikut. Klik Create Configuration File.

Lalu akan muncul halaman ini, klik Let's go.

Dihalaman ini, isikan kolom-kolom yang dibutuhkan untuk menampung data dari web wordpress yang akan dibuat. Untuk Database Name silahkan isi sesuai dengan database yang sudah teman buat, dan untuk User Name Password serta Database Host isikan sesuai dengan data xampp / webserver yang dibuat ketika diinstall. Untuk Table Prefix biarkan saja, lalu klik submit.

Klik Run the install.





Selanjutnya akan muncul halaman seperti berikut, isikan data-data yang dibutuhkan, untuk data yang diisi dapat diubat di wp-admin, jadi isikan username dan password yang mudah dingat dulu agar tidak lupa. Lalu klik Install Wordpress.


Pemberitahuan bahwa konfigurasi telah berhasil.

Tampilan login dari wordpress, silahkan disini username dan passwordnya. dan teman-teman akan di bawah kehalaman dashboard wordpress.


Nah sampai disini sobat telah berhasil menginstall wordpres di localhost, Demikian langkah-langkah mengenai cara mengisntall wordpress di localhost. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.






Share on Google Plus

Tentang Yap Samuel

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment