Optimasi Postingan Blog agar Terindeks Google



Sebagai blogger pemula, saya berpikir bagaimana caranya agar postingan blog dapat terindeks atau nangkring di mesin pencarian seperti google atau  bing. Karena postingan yang nangkring di google itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para blogger maupun pengembang web agar dapat mudah menemukan halaman yang dimaksud di mesin pencari.
Pada postingan kali ini saya mencoba berbagi cara dan share pengalaman mengenai bagaimana mengoptimasi postingan agar dapat terindeks di google. Okee tanpa berlama-lama lagi langsung ke TKP.

Langkah pertama, pada halaman dashboard menu ikhtisar, klik atau cari search console pada Panduan Blogger. Untuk lebih jelasnya silahkan liat gambar dibawah ini.


Langkah kedua, selanjutnya anda akan dibawa ke beranda search console, silahkan klik tombol TAMBAHKAN PROPERTI, untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini.

Langkah ketiga, isikan namablog anda.


Lankah keempat, anda akan dibawa ke halaman metode yang akan digunakan dalam mengindeks postingan, disini terdapat dua metode. Bisa dilihat metode yang ada yaitu metode yang disarankan dan metode alternatif, pilih metode alternatif.




Perhatian, jangan terburu-buru klik verifikasi. Pilih tag html pada radio button yang disediakan. Lalu akan muncul tag meta, silahkan anda copy tag tersebut lalu taruh di template HTML blog anda. 
Caranya :
ke menu setelan,
lalu edit template
pada kolom edit template, masukan tag yang sebelum nya sudah dicopy letakan sesudah tag <head> lalu save.
Setelah verifikasi metode yang sudah pilih, pada beranda search console silahkan klik namablogspot anda yang sudah dibuat, lalu klik "Ambil sebagai Google". Kurang lebih gambaran nya seperti berikut.

Selanjutnya masukkan postingan yang mau diindeks lalu klik ambil, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Lalu akan muncul postingan nya beserta status postingan, untuk menyelesaikan nya klik kirim ke indeks agar dapat di verifikasi oleh google bot. 
Demikian cara sederhana untuk mengoptimasi postingan agar terindeks di mesin pencarian, untuk dapat terindeks saya pribadi belum tahu seberapa lama karena postingan akan terlebih dahulu di telusuri oleh google bot namun apabila anda beruntung dalam beberapa menit postingan akan terindeks. Apabila anda mempunyai tanggapan atau pertanyaan seputar hal ini silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Sekian dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Aaxxzzse

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment