Pengertian Ngrok Dan Kegunaannya





Hai gaes, pada kesempatan kali ini saya akan sharing sedikit mengenai pengertian ngrok dan kegunaannya. Apakah ngrok itu? suatu jenis makanan kah? Tentu bukan...hahaha. Ngrok adalah proxy server untuk membuat / membuka jaringan private melalui NAT atau firewall untuk menghubungkan localhost ke internet dengan tunnel yang aman. 
Lantas apakah kegunaan si ngrok ini ? Berikut beberapa kegunaan dari ngrok yang saya rangkum dari website ngrok.com :

1. Demo tanpa mendeploy
Sobat punya program lalu ingin ditest tanpa harus repot-repot menaruh file di server hosting? ngrok inilah salah satu pilihannya, dengan ngrok kita dapat secara langsung menunjukan hasil program yang ada di komputer / localhost ke komputer client melalui internet.

2. Mempermudah pengujian di perangkat mobile
Program yang kita selesaikan kadang perlu diuji dibeberapa perangkat mobile untuk memastikan apakah program dapat berjalan baik. 

3. Membuat jaringan private 
Ya dengan ngrok ini, anda mempunyai jaringan private untuk menjalankan layanan personal cloud yang fungsinya untuk mensinkronisasi file, menjalankan webmail dari hardware anda secara aman menggunakan end-to-end encryption.

Baiklah, sekarang bagaimana cara menggunakan ngrok? Pertama-tama sobat download terlebih dahulu ngrok di https://ngrok.com/download pilih platform yang sobat gunakan, pada saat ini saya menggunakan ngrok di windows 10.

Jika sobat sudah selesai mendownload, silahkan unzip file tersebut. lalu buka file .exe berikut tampilan nya.


Untuk me-run silahkan sobat ketik ngrok http 80 jika tidak ada error tampilannya akan terlihat seperti dibawah berikut.


Sampai disini sobat sudah berhasil menjalankan ngrok, ngrok menyediakan real time web user interface untuk memeriksa traffic dari file yang di akses. Silahkan sobat ketik di url browser localhost:4040 jika tidak ada masalah, tampilannya akan terlihat seperti berikut. 






Klik link dari salah satu link yang ada, sobat akan dibawa ke daftar folder dan file yang ada di localhost. Untuk melihat traffic dari file yang diakses silahkan kunjungi http://localhost:4040/inspect/http.




Untuk tambahan, apabila sobat ingin memberi password sebelum client / orang lain yang ingin mengakses, silahkan sobat tutup command prompt lalu buka kembali dan perintahnya seperti berikut. 
ngrok http -auth="username:password" port
Sebagai Contoh
ngrok http -auth="root:321" 8080
Maka ketika membuka localhost:4040 di browser akan muncul semacam alert agar memasukan username dan password untuk keperluan autentikasi.



Sekian pembahasan singkat mengenai apa itu ngrok dan kegunaannya. Apabila ada kesalahan dalam penulisan penulis mohon koreksiannya ๐Ÿ˜ƒ. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Yap Samuel

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment