Cara Install Opencart Di Localhost



Opencart merupakan salah satu platform yang bersifat opensource yang cukup terkenal dikalangan developer yang digunakan untuk membangun toko online yang profesional dan tangguh. Dengan menggunakan opencart anda dapat membuat toko online dalam hitungan menit, ya menit! tentu hanya sebatas template / front end-nya saja untuk mengisi nama produk, harga produk, jenis produk, mengubah nama menu navigasi anda perlu menyusun nya sendiri namun jangan khawatir hal tersebut mudah dilakukan karena anda akan disuguhkan panel admin yang digunakan untuk mengelola toko online dan melakukan hal yang saya sebutkan sebelumnya. Langsung saja, berikut ini step-step menginstall opencart di localhost.

Apabila anda belum mendownload opencart, silahkan download terlebih dahulu di github klik Disini.

Setelah mendownload isi / struktur dari folder tersebut yaitu seperti dibawah berikut.


Yang kita perlukan disini hanya folder upload saja, silahkan rename menjadi tokoonline atau apapun yang anda sukai dan cut / copy folder tersebut ke dalam folder htdocs di komputer anda.

Langkah selanjutnya, ketik di url browser anda, localhost/namafolder opencart anda dan akan nampak seperti gambar dibawah berikut.




Klik tombol continue, anda akan dibawa ke pre-installation, disini ada beberapa system requirements yang harus dipenuhi.





Apabila anda perhatikan, terdapat kata Missing pada Status, hal ini diakibatkan file config hasil yang didownload bernama config-dist. Silahkan rename file config-dist dan config-dist di folder admin menjadi config, lalu refresh kembali maka status missing akan berubah menjadi writable, klik tombol continue untuk melanjutkan proses instalasi opencart.



Langkah selanjutnya yaitu menkonfigurasi untuk menyesuaikan database dan membuat username serta password untuk panel admin. Silahkan anda isi dibagian username, password (bila memakai password), dan database pada connection details lalu isikan password serta email untuk akun panel admin anda. Lalu klik tombol continue untuk melanjutkan.




Apabila muncul seperti gambar dibawah berikut, selamat anda sudah sukses menginstall opencart di localhost.




Dilain waktu mungkin saya akan menulis tentang bagaimana cara install template, mengubah format bahasa menjadi bahasa indonesia, dan lain sebagainya. Makanya sering-sering kunjungi blog ini yah sobat ๐Ÿ˜„. Sampai disini Cara Install Opencart Di Localhost sekian dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Yap Samuel

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment