Pengertian dari MAC Address


MAC Address (Media Access Control address) adalah alamat fisik suatu interface jaringan (seperti ethernet card pada komputer, interface/port pada router, dan node jaringan lain) yang bersifat unik  dan berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut .
Secara umum MAC Address dibuat dan diberikan oleh pabrik pembuat NIC (Network Interface Card) dan disimpan secara permanen pada ROM (Read Only Memory) perangkat tersebut.
MAC address juga biasa disebut Ethernet Hardware Address (EHA), Hardware Addres, atau Physical Address.
MAC Address memiliki panjang 48-bit (6 byte). Format standard MAC Address secara umum terdiri dari 6 kelompok digit yang masing-masing kelompok berjumlah 2 digit heksadesimal.
Masing-masing kelompok digit dipisahkan tanda (-) atau (:), misalnya 01-23-45-67-89-ab atau 01:23:45:67:89:ab.
Supaya komputer dan perangkat jaringan lain bisa berkomunikasi satu dengan yang lain, frame-frame / data yang dikirim melalui jaringan harus memiliki MAC Address. Tetapi agar komunikasi jaringan lebih mudah dan sederhana, digunakanlah IP Address.
Karena komunikasi jaringan menggunakan MAC Address  maka alamat IP tersebut harus diterjemahkan ke MAC Address  melalui protokol ARP.
Beberapa Teknologi yang menggunakan MAC Address 48 bit :
Ethernet
Bluetooth.
FDDI (Fiber Distributed Data Interface).
FireWire.
802. 11 wireless networks.
IEEE 802.5 token ring.
Demikian penjelasan singkat mengenai mac address, apabila ada hal yang tidak dimengerti slahkan tingalkan komentar pada kolom yang sudah disediakan, sekian dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Admin

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment