Pengertian dan tujuan interaksi manusia dan komputer

Interaksi manusia dan komputer (human computer interaction) adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana merancang (design), mengimplementasikan (implementation) dan mengevaluasi (evaluation), sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Fokus dari interaksi manusia dan komputer yaitu pada interaksi, khususnya interaksi antara satu atau lebih manusia dengan satu atau lebih mesin komputer.
Dengan memperluas pengertian interaksi manusia dan mesin akan membawa kepada topik yang lebih luas dan tidak mungkin dipisahkan dari interaksi manusia dan komputer atau IMK.
Sebagai contoh, manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor atau printer sebagai keluaran.
Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.


Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface (perintah baris tunggal)
    Contoh : Unix, Linux, DOS.
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
    Contoh : Hampir semua software menggunakan menu.
3. Natural language (bahasa alami)
    Contoh : Bahasa pemrograman terstruktur (belum objek).


Untuk membuat antarmuka yang baik juga dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain : 
1. Teknik elektronika & ilmu komputer : Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI.
2. Psikologi : Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna .
3. Perancangan grafis dan tipografi : Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer. 
4. Ergonomik : Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Contoh : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
5. Linguistik : Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah.  
6. Sosiologi : Studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

Kesimpulanya ialah IMK disusun untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik atau feedback yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).  

Sekian definisi singkat mengenai interaksi manusia dan komputer, semoga bermanfaat.

Share on Google Plus

Tentang Admin

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment