Membuka File Yang Terkunci di Ubuntu


Apakah anda sedang mencari cara membuka folder yang terkunci akan hak akses nya di linux? kalau iya, sobat berada di tempat yang benar, heheee..

File permission atau hak akses file pada folder di linux diberikan untuk pengamanan akan folder maupun file yang bersangkutan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (nah loh..), seperti penghapusan oleh user lain yang tidak berhak akan folder tersebut. Mungkin banyak dari sobat yang nyasar ke postingan ini sudah mengetahui nya, namun karna tujuan saya hanya ingin berbagi maka tidak ada salah nya kan. hehee.. Okee berikut cara membuka file atau folder yang terkunci..

Contoh folder yang terkunci, terdapat tanda silang warna merah seperti gambar dibawah ini.

dan ketika dibuka nya akan terlihat seperti ini.
Mungkin sobat yang baru mengenal linux akan bertanya-tanya, "ini kenapa sih?"

Ini semua karna masalah hak akses / file permission saja dari folder yang di buka, karena folder yang bersangkutan hak akses nya di batasi, sehingga folder tidak dapat di akses. Ingat bahwa linux itu di buat dalam lingkungan multiuser artinya tiap-tiap user dibedakan atau di kelompokan dan diberi batasan tertentu dalam hak akses / perizinan file nya.
cukup dimengerti? kalau tidak kita lanjut dulu,heheee..
"lalu gimana caranya supaya dapat dibuka? "

Pertama kita asumsikan bahwa letak folder berada di document, atau bila anda tidak tahu dimana letak nya klik kanan pada letak folder berada lalu pilih open in terminal.

Kedua ketikan ls -l untuk melihat list file serta izin pada folder yang berada di document

Coba perhatikan kotak yang saya beri garis merah, itu folder yang akan kita buka. Pada kolom pertama tertulis disitu d----w--w-  perlu di ingat linux di buat untuk lingkungan multiuser / banyak user, yang berarti ada beberapa jenis-jenis user yang terlibat. 4 baris pertama menjelaskan bahwa itu adalah d atau direktori baris selanjutnya --- berarti untuk user,  -w- untuk group, -w- berarti untuk others(guest atau sejenisnya).
oke kita lanjutkan, ketik kan sudo chmod 777 namafile/direktori pada kasus ini namanya adalah filesaya.
Bila sobat diminta untuk memasukan password, masukkan password root atau login.
Mungkin sobat bertanta-tanya, apa itu chmod 777 ? chmod perintah di linux untuk mengganti mode dari suatu file atau direktori (semoga gk salah ^_^).  lalu 777 itu apa? 777 itu berarti (1+2+4 untuk user) (1+2+4 untuk group) (1+2+4 untuk other/pengunjung). 1 itu berarti execute / mengeksekusi, 2 itu berarti write/menulis, lalu 4 itu read/membaca. Selanjutnya enter saja, lalu ketik ls-l kembali untuk melihat hasil nya.
Nah itulah cara sederhana membuka file yang terkunci di ubuntu linux, bila ada hal yang tidak dimengerti silahkan tinggalkan komentar di kolom bawah dan apabila ada penulisan yang salah mohon perbaikannya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

Tentang Admin

Senang mempelajari berbagai hal seputar pemrograman web. Follow atau Add saya di Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment